modem speedy




baik saya akan sedikit menulis tentang modem adsl yang di dapat dari telkom. Saat memasang koneksi internet broadband speedy di sertakan sebuah modem ADSL yang di pinjamkan dan setelah 4 bulan menjadi pelanggan telkom speedy akan menjadi hak milik pelanggan. nah ada hal yang aneh terjadi antara komputer saya dan modem ini, berikut ceritanya..


Saat menghubungkan komputer dengan dengan modem ini tidak terjadi masalah apapun tapi lain halnya saat saya mematikan atau mencabut kabel dari modem ini, saat modem di matikan tiba-tiba komputer tidak merespon apa-apa, betul-betul hang, lampu numlock keyboard tidak mau bereaksi, tampilan monitor benar-benar tidak bergerak, bahkan lampu indikator hardisk di chasing komputer tidak ada reaksi apapun. namun, saat modem dinyalakan kembali atau kabel dipasang kembali secara ajaib komputer kembali bekerja seperti semula? hebatnya lagi reaksi yang sama terjadi bahkan pada saat proses shutdown. wah apa yang terjadi?

saya belum ketemu solusi atau penyebabnya (males nyari karena permasalahannya tidak begitu mengganggu), untuk pertama saya menduga terjadi bentrok driver atau software pada system saya, namun saat saya kebetulan menginstal ulang sistem hal yang sama tetap terjadi. lalu saya coba pada windows vista, hal yang sama juga terjadi. jadi pendapat saya sumber masalahnya tidak terletak pada software. tersangka selanjutnya adalah hardware (motherboard) dan BIOS, nah untuk kedua tersangka terakhir belum sempat dilakukan interogasi(wew) karena kebetulan belum sempat mencoba pada komputer lain dan juga malas mencoba seting-seting BIOS harus merestart komputer dulu untuk mengganti dan dan melihat efek setting.

untuk solusi sementara jika ingin mematikan modem saya terlebih dahulu men-disable koneksi ke modem dari control panel. control panel/network conection/ lalu klik kanan pada koneksi ke modem speedy dan klik disable barulah dapat dengan aman mematikan modem ini.

ada yang punya solusi atau pengalaman yang sama?
(maaf jika banyak salah ketik dan tata bahasa yang kacau, post ini di tulis jam 4.30 pagi dan belum tidur ;p)





0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons